Wednesday, February 23, 2011

food nutritions for mom-to-be...

Posted by Nia at 11:03 PM
feb ini aku sempet telat seminggu lebih, dan sempet juga mengalami gejala org hamil seperti morning sick, cepet cape, bawaannya mau tidur mulu, lemes, PD kenceng, dan gejala2 lainnya, wahh sudah seneng banget,, berharap klo (+), tapi ternyata emang blm rejeki, tepat hari ke-10 aku dapet,, hehehe,, jadi mau usaha lagi nanti with my hubby... slain itu juga skrg aku mau nerapin gaya hidup sehat,, dimulai dari makanan, teratur makan 4 sehat 5 sempurna (tapi susah banget karena makanan di kantin kantor blm tentu sehat dan higienis) derita seorang wanita karir... jadi sekarang diusahain untuk bawa makanan dari rumah. ditambah lagi sekarang jadi sering makan buah, dan juga minum madu. kemaren juga sempet minum obat penyubur yang dikasih dokter dalfarol tapi baru 3 hari minum jerawatnya juga ikut subur dimuka (waduhh ini sihh gawwaatt bgt), so aku stop dulu minumnya,, pake cara yang alami aja,,

jadi aku coba googling makanan yang baik untuk wanita yang ingin hamil , nah berikut ini adalah beberapa makanan yang mereka rekomendasikan (lihat yang digaris bawahi) :
Sumber: Womans Day, Editor: NF, kompas.com; © Dr. Suririnah- www.infoibu.com
1. Karbohidrat yang lamban dicerna, seperti pasta dan karbohidrat whole grain. Wanita yang mengkonsumsi karbohidrat tinggi glikemik (yang dicerna cepat, seperti nasi putih dan kentang), memiliki risiko 92 persen infertilitas ovulasi ketimbang mereka yang mengkonsumsi karbohidrat lamban, seperti nasi merah, pasta whole-wheat, dan roti whole-grain.

2. Protein nabati. Wanita yang mengkonsumsi protein hewani memiliki 39 persen mengalami infertilitas ovulasi. Pilihan yang terbaik adalah biji-bijian, kacang-kacangan, dan telur.

3. Lemak baik, yang ada di dalam minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak canola, juga yang ada di kacang mede, almon, dan biji-bijian, seperti biji bunga matahari dan biji labu. Lemak-lemak ini membantu menurunkan risiko resistensi insulin dan radang pada tubuh -kedua kondisi ini bisa memengaruhi ovulasi. Hindari lemak trans, semakin banyak dikonsumsi, para responden yang mengkonsumsi lemak ini makin tinggi infertilitas ovulasinya.

4. Susu whole milk dan full fat. Riset memperkirakan bahwa ketika lemak disingkirkan dari susu, hormon buatan di dalamnya berubah negatif sehingga memengaruhi kesuburan seseorang. Tambahkan asupan susu whole milk untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan Anda. Takut akan lemaknya? Kuncinya, olahraga.

5. Folic acid atau Folat. Adalah vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal, buah buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari.

6. Cara makan yang sehat.
Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk makan yang lebih sehat dan dengan diet makanan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat.

Makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan vitamin folat sebaiknya sekarang berada pada daftar menu makanan sehat anda.

5. Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein. Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran walaupun penelitian secara lanjut belum dipastikan, tetapi sangat beralasan untuk anda menghentikan atau menguranginya..

Kafein dapat didapatkan pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala, jadi sebaiknya baca label sebelum menggunakannya.

6. Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.
Alcohol, merokok dan obat-obatan seperti kokain/morfin berpengaruh buruk pada bayi dan kehamilan oleh karenanya bila anda mempersiapkan diri untuk hamil.
Para ahli kesehatan menduga bahwa tingkat kesuburan seseorang memiliki pengaruh dari asupan seseorang. Dugaan tersebut makin diperkuat dengan adanya bukti sains. Hasil penelitian dari Harvard Nurses’ Health Study membuktikan bahwa para suster yang mengkonsumsi lebih banyak atau minim makanan tertentu memiliki risiko infertilitas yang berkaitan dengan indung telurnya (kesulitan untuk bisa mengandung karena ovulasi yang tidak teratur).
“Kami cukup terkejut betapa besarnya dampak pilihan makanan dan olahraga pada tingkat ovulasi wanita,” terang Walter Willett, MD, pemimpin penelitian dan departemen nutrisi di Harvard Medical School. Dr. Willet, dan rekannya, Jorge Chavarro, MD, mengumpulkan hasil penelitiannya dalam buku The Fertility Diet. Hasil perencanaan diet mereka ini, “Tak hanya akan membantu meningkatkan kemungkinan untuk kehamilan, tapi juga membantu Anda untuk tetap sehat,” klaim mereka.

kalau lihat ulasan dari Weddingku ada juga minuman untuk penyubur, disebutnya juice femmie :
wortel + apel malang + tomat...

jadi kesimpulannya hidup sehat dan cukup olahraga..dan yang terpenting selalu berdoa kepada ALLAH SWT..

ayoo semangat !!!

0 comments on "food nutritions for mom-to-be..."

Wednesday, February 23, 2011

food nutritions for mom-to-be...

feb ini aku sempet telat seminggu lebih, dan sempet juga mengalami gejala org hamil seperti morning sick, cepet cape, bawaannya mau tidur mulu, lemes, PD kenceng, dan gejala2 lainnya, wahh sudah seneng banget,, berharap klo (+), tapi ternyata emang blm rejeki, tepat hari ke-10 aku dapet,, hehehe,, jadi mau usaha lagi nanti with my hubby... slain itu juga skrg aku mau nerapin gaya hidup sehat,, dimulai dari makanan, teratur makan 4 sehat 5 sempurna (tapi susah banget karena makanan di kantin kantor blm tentu sehat dan higienis) derita seorang wanita karir... jadi sekarang diusahain untuk bawa makanan dari rumah. ditambah lagi sekarang jadi sering makan buah, dan juga minum madu. kemaren juga sempet minum obat penyubur yang dikasih dokter dalfarol tapi baru 3 hari minum jerawatnya juga ikut subur dimuka (waduhh ini sihh gawwaatt bgt), so aku stop dulu minumnya,, pake cara yang alami aja,,

jadi aku coba googling makanan yang baik untuk wanita yang ingin hamil , nah berikut ini adalah beberapa makanan yang mereka rekomendasikan (lihat yang digaris bawahi) :
Sumber: Womans Day, Editor: NF, kompas.com; © Dr. Suririnah- www.infoibu.com
1. Karbohidrat yang lamban dicerna, seperti pasta dan karbohidrat whole grain. Wanita yang mengkonsumsi karbohidrat tinggi glikemik (yang dicerna cepat, seperti nasi putih dan kentang), memiliki risiko 92 persen infertilitas ovulasi ketimbang mereka yang mengkonsumsi karbohidrat lamban, seperti nasi merah, pasta whole-wheat, dan roti whole-grain.

2. Protein nabati. Wanita yang mengkonsumsi protein hewani memiliki 39 persen mengalami infertilitas ovulasi. Pilihan yang terbaik adalah biji-bijian, kacang-kacangan, dan telur.

3. Lemak baik, yang ada di dalam minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak canola, juga yang ada di kacang mede, almon, dan biji-bijian, seperti biji bunga matahari dan biji labu. Lemak-lemak ini membantu menurunkan risiko resistensi insulin dan radang pada tubuh -kedua kondisi ini bisa memengaruhi ovulasi. Hindari lemak trans, semakin banyak dikonsumsi, para responden yang mengkonsumsi lemak ini makin tinggi infertilitas ovulasinya.

4. Susu whole milk dan full fat. Riset memperkirakan bahwa ketika lemak disingkirkan dari susu, hormon buatan di dalamnya berubah negatif sehingga memengaruhi kesuburan seseorang. Tambahkan asupan susu whole milk untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan Anda. Takut akan lemaknya? Kuncinya, olahraga.

5. Folic acid atau Folat. Adalah vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal, buah buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari.

6. Cara makan yang sehat.
Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk makan yang lebih sehat dan dengan diet makanan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat.

Makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan vitamin folat sebaiknya sekarang berada pada daftar menu makanan sehat anda.

5. Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein. Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran walaupun penelitian secara lanjut belum dipastikan, tetapi sangat beralasan untuk anda menghentikan atau menguranginya..

Kafein dapat didapatkan pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala, jadi sebaiknya baca label sebelum menggunakannya.

6. Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.
Alcohol, merokok dan obat-obatan seperti kokain/morfin berpengaruh buruk pada bayi dan kehamilan oleh karenanya bila anda mempersiapkan diri untuk hamil.
Para ahli kesehatan menduga bahwa tingkat kesuburan seseorang memiliki pengaruh dari asupan seseorang. Dugaan tersebut makin diperkuat dengan adanya bukti sains. Hasil penelitian dari Harvard Nurses’ Health Study membuktikan bahwa para suster yang mengkonsumsi lebih banyak atau minim makanan tertentu memiliki risiko infertilitas yang berkaitan dengan indung telurnya (kesulitan untuk bisa mengandung karena ovulasi yang tidak teratur).
“Kami cukup terkejut betapa besarnya dampak pilihan makanan dan olahraga pada tingkat ovulasi wanita,” terang Walter Willett, MD, pemimpin penelitian dan departemen nutrisi di Harvard Medical School. Dr. Willet, dan rekannya, Jorge Chavarro, MD, mengumpulkan hasil penelitiannya dalam buku The Fertility Diet. Hasil perencanaan diet mereka ini, “Tak hanya akan membantu meningkatkan kemungkinan untuk kehamilan, tapi juga membantu Anda untuk tetap sehat,” klaim mereka.

kalau lihat ulasan dari Weddingku ada juga minuman untuk penyubur, disebutnya juice femmie :
wortel + apel malang + tomat...

jadi kesimpulannya hidup sehat dan cukup olahraga..dan yang terpenting selalu berdoa kepada ALLAH SWT..

ayoo semangat !!!

No comments:

 

My Life... My Journey... Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Birthday Gift Idea